Select Menu
Powered by Blogger.

Entri Populer

Translate

» » » » Bahaya Kolestrol Yang Perlu Anda Waspadai
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

 Bahaya Kolestrol Yang Perlu Anda Waspadai
 
Bahaya Kolestrol Yang Perlu Anda Waspadai
Bahaya Kolestrol Yang Perlu Anda Waspadai

Kolesterol menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung. Oleh sebab itu, berbagai lembaga kesehatan dan dokter selalu menyarankan untuk hidup sehat dan menjaga kadar kolesterol. Sebenarnya tubuh kita membutuhkan kolesterol karena kolesterol sebenarnya adalah lemak dalam aliran darah atau sel tubuh yang fungsinya dapat membentuk dinding sel serta bahan baku beberapa hormon dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi lama kelamaan akan menumbat aliran darah.

 
Berikut adalah Fakta menarik terkait kolesterol yang perlu anda ketahui:

1. Tidak ada minimum kolesterol untuk Diet
Hati kita sudah memproduksi cukup kolesterol yang dibutuhkan tubuh kita. Vegetarian tidak memakan makanan yang mengandung kolesterol dan mereka baik-baik saja. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, konsumsilah kolesterol kurang dari 300mg tiap hari dan dibawah 200 mg kolesterol jika memiliki penyakit jantung atau kadar kolesterol yang tinggi.

2. Kolesterol tinggi bisa karena Keturunan
Faktor genetika menjadi penyebab umum seseorang memiliki level kolesterol yang tinggi. Walaupun sangat jarang, sebuah kondisi yang dinamakan familial hypercholesterolemia membuat seseorang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi sehingga membutuhkan pengobatan intensif.

3. Anak kecil juga dapat terkena kolesterol tinggi
Timbunan lemak dalam aliran darah dapat berkembang saat masa kecil dan terus menumpuk hingga dewasa. Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat menyarankan melakukan proses screening kepada seorang anak yang menginjak usia 10 tahun.

4. Berkurangnya beratbadan sedikitpun dapat menurunkan kadar kolesterol (juga tekanan darah dan gula darah)
Jika anda kelebihan berat badan, coba kurangi 5 hingga 10 persen dari berat tubuh anda.

5. Untuk perempuan, kadar kolesterol cenderung naik setelah menopause
Biasanya kadar kolesterol perempuan lebih rendah dibandingkan kadar kolesterol yang dimiliki oleh pria diusia yang sama. Namun setelah menopause, hormon perempuan berjalan sangat lambat dan akan menyebabkan kenaikan kolesterol dalam tubuh.

6. Benjolan kecil di kulit (Xanthoma) bisa menjadi tanda seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
Xanthoma merupakan penimbunan lemak sehingga membentuk tumor yang biasanya ditemukan dibawah kulit. Penyakit atau kelainan ini disebabkan oleh gangguan metabolisme kolesterol. Biasanya terjadi diusia lanjut. Benjolan ini dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja, namun biasanya muncul di sikut, lutut dan tangan.

7. Asupan kolesterol yang terlalu sedikit dapat menyebabkan potensi penyakit berbahaya
Walaupun masih dalam tahap riset, namun kadar kolesterol dibawah 160mg/dL dapat meningkatkan resiko beberapa jenis kanker, depresi dan untuk wanita yang dalam masa hamil beresiko untuk kelahiran prematur dan berat kelahiran yang terlalu kurus.

Terimah kasih telah berkunjung ke blog kami dan semoga article ini bermanfaat

Good Luck Dan tetimah kasih berkunjung ke blog : http://gaknyangkah.blogspot.com/
 

About MUSIC ZZ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post