Select Menu
Powered by Blogger.

Entri Populer

Translate

» » Inilah Yang Di Alami Dunia Pendidikan Di indonesia yang memalukan
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Inilah Yang Di Alami Dunia Pendidikan Di indonesia yang memalukan
Inilah Yang Di Alami Dunia Pendidikan Di indonesia yang memalukan
Heri Santoso, SS, M.Hum, dosen Fakultas Filsafat sekaligus peneliti pada Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM, berhasil meraih gelar doktor usai melangsungkan ujian terbuka program doktor dari Fakultas Filsafat UGM.

Dalam kesempatan itu, dia berhasil mempertahankan disertasi yang mengkaji tentang “Nilai-nilai ke-UGM-an” sebagai landasan filosofis pengembangan ilmu.

Di hadapan tim penguji itu dia mengatakan bahwa dunia pendidikan di tanah air saat ini tengah mengalami krisis identitas atau jati diri dan krisis landasan filosofis dalam pengembangan ilmu pengetahuan.  Sehingga revitalisasi jati diri perguruan tinggi sangat diperlukan sebagai upaya untuk mencari solusi terhadap krisis yang mendera bangsa.

Disampaikannya, fenomena krisis ilmu itu rupanya juga dirasakan sejumlah ilmuan di UGM. Seperti yang diungkapkan guru besar Fisipol UGM Prof Purwo Santoso yang melihat gejalanya masih minimnya kontribusi ilmuan dalam pengembangan ilmu, baik dalam tataran teoritik maupun metodologis.

Melihat fenomena tersebut, dia tergerak meneliti hakikat nilai-nilai ke-UGM-an sebagai upaya revitalisasi jati diri UGM. Hasil penelitian yang dilakukannya menunjukkan bahwa hakikat nilai-nilai ke-UGM-an apabila ditinjau dari filsafat nilai merupakan sifat yang membuat sesuatu menjadi berharga, dijunjung tinggi, dan layak diupayakan perwujudannya sebagai pemandu dan pengarah hidup.

Nilai tersebut berfungsi memberi arah, tujuan, dan makna bagi diri dan keseluruhan
hidup sivitas akademika UGM, sekaligus membantu identitas diri dan menentukan nasib.

“Nilai-nilai ke-UGM-an memiliki ciri khas jika ditinjau dari arti, fungsi, eksistensi, klasifikasi, karakteristik, hirearki, dan kriteria penentuan hirearki nilai,” tuturnya.

Diharapkan, hasil penelitian yang telah dilakukannya dapat ditindaklanjuti dalam kebijakan kelembagaan, khususnya dalam menata ulang nilai-nilai kelembagaan. Dengan begitu akan berpengaruh untuk merefleksi dan merekonstruksi sistem, struktur, dan kultur UGM agar lebih sesuai dengan nilai-nilai ke-UGM-an. (Sumber: Suara Merdeka)

Terimah kasih telah berkunjung ke blog kami dan semoga article ini bermanfaat

Good Luck Dan tetimah kasih berkunjung ke blog : http://gaknyangkah.blogspot.com/
  

About MUSIC ZZ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post