Select Menu
Powered by Blogger.

Entri Populer

Translate

» » Tips dan motifasi bekerja Online
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

 Tips dan motifasi bekerja Online

Pekerjaan yang berbasis internet mempunyai segudang kelebihan. Dapat bekerja dengan lebih bebas dan fleksibel, menjadi bos untuk diri sendiri, bebas mengatur waktu, menjalin relasi dengan banyak orang tanpa harus bertemu secara fisik, dan sebagainya.

Tips dan motifasi bekerja Online
 
Derap kemajuan teknologi boleh dikatakan telah mengubah dunia, terutama dalam dunia informasi dan komunikasi. Sentuhan teknologi dalam bidang komunikasi dan informasi ini juga telah mengubah wajah dunia kerja menjadi lebih praktis tanpa harus menuntut ketersediaan waktu, tetapi mampu melibas batas waktu.

Ya, profesi-profesi dalam dunia maya atau internet memang kian banyak. Freelance writer atau writer editor mungkin bukan hal yang baru. Namun, liriklah profesi social media operator, pelakon online shop atau toko online, programmer, atau web designer (desainer situs). Profesi-profesi ini tidak menuntut bangunan fisik yang serupa dengan kantor-kantor konvensional. Pekerjaan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja asalkan perangkat komputer tersambung dengan internet.

Namun, bila tidak hati-hati, pekerjaan yang dilakukan secara online bisa menjadi bumerang. Jika Anda terlalu bebas dan tidak disiplin, pekerjaan bisa terbengkalai. Kesempatan untuk bertatap muka dengan banyak orang pun berkurang karena pekerjaan yang berbasis internet lebih sering mengakomodasi komunikasi dengan percakapan digital. Dengan kata lain, Anda bisa “terlepas” dari kehidupan sosial di dunia nyata jika terlalu larut dalam internet.
Bila pekerjaan online dilakukan dari rumah sendiri, Anda pun perlu memerlukan ruangan khusus. Risiko gangguan dari anggota keiuarga yang lain pun bisa mengganggu konsentrasi saat bekerja online di rumah sendiri.
Ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika bekerja secara online. Berikut ini beberapa di antaranya.
Koneksi internet
Koneksi internet kian mudah didapatkan. Jika internet di rumah tengah bermasalah, tinggal langkahkan kaki Anda menuju tempat-tempat publik yang menyediakan fasilitas free Wi-fi. Namun, kendala juga bisa terjadi ketika listrik mati atau Anda tengah berada di lokasi yang minim sinyal internet, misalnya di pedalaman hutan atau pegunungan.
Anda juga perlu melengkapi diri dan perangkat komputer dengan sistem pengamanan yang mumpuni. Selalu aktifkan dan update, antivirus Anda. Berhati-hatilah dengan program atau tink misterius yang dikirim oleh orang yang tidak Anda kenal.
Manajemen waktu
Membuka bisnis online atau bekerja secara online memang fleksibel. Namun, sifat yang fleksibel ini juga bisa membuat jam kerja Anda lebih panjang. Terlebih lagi jika Anda harus melakukan koneksi dengan klien atau pembeli yang datang dari berbagai belahan dunia dengan kondisi waktu yang berbeda-beda, bekerja tengah malam bisa saja terjadi. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya Anda menyusun jam kerja sendiri. Selain itu, jika ingin menjalankan pekerjaan selama 24 jam, siapkan partner atau rekan kerja untuk bekerja secara bergantian dengan Anda (kerja dalam tim dengan sistem shift).
Hati-hati
Karena tidak bertatap muka secara langsung, sebaiknya Anda berhati-hati dengan orang-orang yang terhubung di dunia maya. Berhati-hatilah jika klien atau orang yang terhubung dengan Anda di internet tidak menggunakan identitas asli atau nama-nama tak resmi saat menjalankan bisnis. Lebih-lebih jika pekerjaan yang Anda lakukan berkaitan dengan jumlah nominal uang yang cukup besar. Anda perlu lebih berhati-hati.
“Dunia nyata”
Meskipun bekerja secara online, Anda jangan mengambil sikap yang menutup diri terhadap lingkungan sekitar. Luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan keluarga Anda. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama dengan Anda. Ikutilah kegiatan “kopi darat” yang mereka lakukan untuk menjalin relasi baru dan memperluas pergaulan dan pengalaman. 

Terimah kasih telah berkunjung ke blog kami dan semoga article ini bermanfaat

Good Luck Dan tetimah kasih berkunjung ke blog : http://gaknyangkah.blogspot.com/
 

About MUSIC ZZ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post