Select Menu
Powered by Blogger.

Entri Populer

Translate

» » » » Benarkah Orang Korena Terkena Sindrom Pinokio
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

 "Kisah dalam film ini mengenai kehidupan sehari-hari mengenai seorang reporter perempuan yang tidak bisa berbohong sampai akhirnya ia jatuh cinta dengan seorang pria,"  kata tim produksi Pinnochio seperti dikutip dari Mwave.


Benarkah Orang Korena Terkena Sindrom Pinokio
Masih ingat bagaimana simbol dan gantungan dreamcatcher menjadi populer setelah ditampilkan oleh aktris Park Shin Hye dalam drama Korea The Heirs? Baru-baru ini, melalui dramanya, gadis berusia 24 tahun itu kembali membuat istilah tren baru, tapi kali ini dalam hal medis yakni sindrom pinokio.

Dalam film Pinocchio, Shin Hye yang beradu akting dengan Lee Jong Suk berperan sebagai seorang gadis yang akan mengalami cegukan setiap kali ia berbohong. Baik saat menelepon maupun cuma menuliskan pesan teks, si penderita akan langsung cegukan jika ia mengutarakan hal yang tidak benar. Cegukan itu baru akan terhenti bila ia mengutarakan hal yang sebenarnya.

Namun, apakah sindrom tersebut memang benar-benar ada?  Menanggapi hal tersebut, pihak stasiun televisi SBS yang menayangkan Pinnochio memberikan pernyataan bahwa istilah medis itu hanyal rekayasa alias tidak ada.

Istilah sindrom pinokio memang nyatanya bukan ditujukan untuk kondisi seseorang yang cegukan ketika berbohong. Di sisi lain, sindrom pinokio merupakan sebuah kondisi saat tubuh seseorang merasa kaku bak boneka kayu. Hal tersebut terjadi lantaran si penderita merasa ketakutan bila ditertawakan orang. Kondisi tersebut merupakan sebuah fobia yakni gelatophobia yang penderita akan merasa tidak nyaman dan ketakutan bila ditertawakan orang lain.

Fobia ini termasuk fobia sosial yang menarik perhatian para psikolog, sosiolog, dan psikiater sejak 2008. Seperti dikutip dari Wikipedia, Dr Michael Titze menemukan beberapa pasiennya mengalami fobia tersebut cenderung selalu menganalisis lingkungan yang akan mereka masuki. Apakah banyak orang yang humoris dan suka menertawakan orang lain. Bahkan, tidak sedikit yang malah merasa diri mereka merupakan pribadi yang bodoh.

Nah, saat mereka ketakukan itulah, tubuh mereka akan terasa kaku hingga terlihat seperti boneka kayu saat bergerak. Kondisi tubuh itulah yang dinamai sindrom pinokio.

Terimah kasih telah berkunjung ke blog kami dan semoga article ini bermanfaat

Good Luck Dan tetimah kasih berkunjung ke blog : http://gaknyangkah.blogspot.com/

About MUSIC ZZ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post