Select Menu
Powered by Blogger.

Entri Populer

Translate

» » » » » Programing Untuk Mengatur Datangnya Busway
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post


'Peramal' Datangnya Busway



Mereka berusaha menciptakan teknologi yang dapat menentukan lokasi kendaraan transportasi publik dan mengirim informasi tersebut kepada calon penumpang secara real-time.

'Peramal' Datangnya Busway

 
Gara-gara kesal karena bus Trans Semarang yang dinanti tak kunjung tiba, ide kreatif didapat dua siswa SMAN 3 Semarang, Ravin Alvin Razaqi dan Aji Wijaya Abadi.

Berbekal kemampuan programing yang diperoleh secara otodidak, 2 siswa kelas X itu mengotak-atik sebuah ponsel kamera bekas dengan sistem operasi Android.

Mereka memodifikasi perangkat itu untuk mengambil gambar lingkungan di sekitar kendaraan dalam bentuk video dan mentransfernya melalui internet ke sebuah situs yang dapat diakses melalui ponsel atau tablet.

Alat yang dinamakan 'Trans Detector' itu bekerja seperti CCTV tanpa kabel yang gambarnya bisa diakses oleh siapa saja. "Dengan mengetahui di mana posisi kendaraan, setidaknya kita bisa mengantisipasi kalau datangnya terlambat. Selain itu, waktu menunggu dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan aktivitas lain," ujar Ravin.

Selain pada bus Trans Semarang, alat ini juga bisa juga diaplikasikan pada kendaraan lain. Ravin dan Aji pernah memamerkan hasil karya mereka dalam ajang New Young Inventor Award (NYIA) yang diselenggarakan LIPI Oktober 2014 lalu.
Terimah kasih telah berkunjung ke blog kami dan semoga article ini bermanfaat

Good Luck Dan tetimah kasih berkunjung ke blog : http://gaknyangkah.blogspot.com/

About MUSIC ZZ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post